Gas Detector ElSmart Murah, Praktis & Awet

ELSmart Gas Detektor merupakan alat pendeteksi dini adanya kebocoran gas LPG (Propane Butane), Blue Gas (Propane), Gas Pipe (City Gas), Natural Gas (Methane) yang dirancang khusus menggunakan superior gas sensor teknologi Jepang, sehingga tahan lama dan sensitif terhadap kebocoran gas. Hanya membutuhkan listrik < 2 watt sehingga sangat cocok untuk rumah tangga, kantor, apartemen, kos-kosan, rumah makan, hotel, villa dll.

Prosedur Penggunaan :
1. Saat alarm terhubung dengan listrik 220V, LED Power (warna hijau) akan menyala dan LED Alarm (warna merah) akan berkedip selama 1-3 menit yang menunjukkan bahwa sensor sedang melakukan proses Start-up. Kemudian LED Alarm (warna merah) ini akan padam yang menunjukkan bahwa sensor sudah selesai Start-up dan siap mendeteksi kebocoran gas.
2. Saat terdeteksi kebocoran gas, LED Alarm (warna merah) akan berkedip & alarm akan berbunyi beep beep. Alarm akan berhenti berbunyi setelah kebocoran gas dibawah ambang batas (< 10%LEL).
3. Jika alarm berbunyi panjang beep dan LED Fault (warna kuning) menyala, itu menandakan bahwa sensor alarm perlu di RESET. Caranya adalah lepaskan alarm dari listrik 220V dan hubungkan dengan listrik kembali.

Prosedur Pengujian dan Perawatan :

1. Pengujian

Semprotkan gas LPG atau Blue Gas atau korek gas ke lubang deteksi gas dengan jarak 5 cm atau tekan dan tahan tombol Test. Jika alarm berbunyi dan LED Alarm (warna merah) berkedip maka alarm berfungsi dengan baik. Alarm akan berhenti berbunyi jika kebocoran gas dibawah ambang batas.

2. Perawatan

Matikan alarm dan bersihkan lubang deteksi gas dengan kain lembut setiap 6 bulan sekali. Jangan membersihkan lubang deteksi gas dengan bahan kimia seperti spray kimia dsb.

Tindakan Darurat :
Jika alarm berbunyi dan LED Alarm (warna merah) berkedip maka lakukan tindakan pengamanan pertama yaitu :
1. Lepaskan regulator dari tabung gas.
2. Buka jendela / pintu dan biarkan udara luar masuk.
3. Jangan menyalakan sumber api (korek, rokok, kompor gas, kompor minyak tanah dsb).
4. Jangan menggunakan kipas angin untuk menghilangkan gas.
5. Cek sumber kebocoran dan hubungi pihak yang berpengalaman.

Perlu diperhatikan :
- Pasang alarm dengan benar untuk menghindari dampak negatif dan kerusakan.
- Jangan sering-sering melakukan pengetesan sensor karena akan mengurangi sensitivitas sensor.
- Jangan biarkan debu, minyak, sarang laba-laba mengotori lubang deteksi gas.
- Jauhkan alat dari jangkauan anak-anak.
- Alat Ini hanya membantu pengamanan bagi Anda bukan alat keamanan utama.

Keunggulan :
- Sensitif dalam mendeteksi kebocoran gas elpiji maupun blue gas, saat 10% (+/-5%) konsentrasi gas terdeteksi pada permukaan sensor.
- Memiliki 3 LED untuk indikator power ON, Alarm Aktif, dan Sensor Fault.
- Bunyi alarm sangat keras (diatas 85dB) sehingga bisa menarik perhatian seisi rumah untuk segera mengatasi sumber kebocoran gas.
- Untuk tipe multi, bisa disambungkan ke safety valve, sirine eksternal, rotary lamp, exhaust fan, water sprayer, fire panel, interface dengan komputer dll.
- Pemasangan mudah, tinggal letakkan alarm pada dinding dekat sumber gas, dan colokkan alarm ke tegangan 220 VAC.
- Hemat energi dengan konsumsi daya - Lubang deteksi gas lebih lebar dan didesain khusus sesuai dengan hukum termodinamika (lubang masukan gas di bagian bawah dan lubang keluaran gas di bagian atas) sehingga aliran gas dapat terdeteksi secara sempurna oleh sensor.

Gas Detector ElSmart Murah, Praktis & Awet

Harga Rp 165.000